Mengenal Istilah dalam kemasan Lampu listrik

PJU Panel Surya, lampu PJU Panel Surya, Harga PJU Panel Surya, PJU Solar Panel, PJU Solar Panel, PJU Solar Cell, PJU Solar Cell Surabaya, PJU Solar Cell Jakarta, PJU Solar Cell 50 Watt, PJU Solar Cell 60 Watt, PJU Solar Cell Bandung, PJU Solar Cell Semarang, Harga PJU Solar Panel
 
Apa perbedaan kekuatan cahaya yang dihitung dari Candela Lumen dan Lux. Candela disamakan cahaya lilin, semakin besar angka Candela semakin kuat cahaya menyebar.

Candela atau perhitungan satuan cahaya lilin dianggap sebagai angka satuan cahaya dari lampu. Candela dihitung dari kekuatan sinar cahaya seluruhnya. Tidak memasukan hasil angka arah cahaya, dan hasil akhir kekuatan cahaya.

Lumen dihitung kekuatan dari total sumber cahaya. Dan tidak menghitung intensitas lain, hanya di sumber cahayanya saja dengan arah cahaya yang mengarah kesatu sisi. Apakah nantinya lampu akan berbentuk spot beam sehingga terlihat lebih terang, atau menyebar akan terlihat tidak terlalu terang. Tetap angka yang dipakai adalah lumen sebagai angka kecerahan cahaya ke satu bidang yang di sinari

Sedangkan Lux umumnya sebagai standar lampu rumah. Menghitung penyebaran penerangan dari sebuah cahaya lampu. Tetapi dihitung dengan tingkat rata rata sinar paling kuat, dan tidak memasukan cahaya rendah yang bias. Lux lebih mudah digunakan sebagai hasil akhir yang diberikan cahaya lampu. Bukan dilihat dari kekuatan cahaya dari titik sinar lampu.

Bila disebutkan 1000 Lux dengan satu titik kecil, akan terlihat cahaya sangat terang. Tetapi angka tersebut akan berbeda bila sinar dibias lebih lebar. Angka Lux akan menurun karena hasil akhir dari intensitas pencahayaan lebih redup dengan pembiasan

Dibawah ini gambaran untuk memperjelas pengukuran dari Candela vs Lumen dan Lux.

Beda Lumen vs Candela vs Lux




Kebalikannya dibawah ini, bila spot lampu dengan jarak 1 meter akan menghasilkan 1 lux. Setelah lampu mengarah lebih jauh dan cahaya memantul ke sebuah benda dengan jarak 2 meter. Maka cahaya lampu akan redup, hasilnya nilai Lux lebih rendah.

Beda Lumen vs Candela vs Lux

Beda Lumen vs Candela vs Lux

Beda Lumen vs Candela vs Lux

Dibawah ini untuk menghitung persamaan dari Lux Candela dan Lumen dalam satu unit.

Beda Lumen vs Candela vs Lux

Sederhananya dari perbedaan Candela vs Lux vs Lumen

  • Cahaya lampu LED dihitung dari Candle. Semakin besar nilai Candle maka lampu semakin terang. Candle dihitung dari satu titik sumber lampu
  • Lumen, tingkat cahaya yang diarahkan dari sumber lampu. Lumen menjadi angka kekuatan cahaya pada saat cahaya di arahkan pada sudut tertentu. Angka Lumen bisa berubah walau mengunakan cahaya dari lampu dengan Candle yang sama. Karena cahaya bisa diarahkan dengan reflektor.
  • Lux adalah hasil akhir jatuhnya cahaya. Berapapun angka Candle dan Lumen tidak berlaku di Lux. Lux hanya menghitung cahaya sinar pada satu ruang saja, dan angka cahaya terang dari Lux. Sehingga digunakan untuk pencahayaan lampu rumah atau lampu jalan. dan seberapa luas cahaya bisa menerangi satu bidang.

sumber : http://obengplus.com/articles/2297/1/Beda-Lumens-vs-Candela-vs-Lux-dalam-cahaya-lampu.html#.VxIqsUd0pH1